(Portal Belajar Ekonomi SMAN 4 Cilegon)

Blog ini merupakan Media online Mapel Ekonomi SMAN 4 Cilegon * ©2020



Blog ini merupakan Media online Mapel Ekonomi SMAN 4 Cilegon * Selamat Datang di Tahun Pelajaran 2023/2024 * ©2023

Opini Terbaik Siswa Mengenai: Dampak Virus Covid-19 Terhadap Perekonomian

Pertanyaan:
Virus Covid-19 yang awalnya merebak disekitar Wuhan, Tiongkok pada akhir tahun 2019, kini sudah menjadi Pandemi Global yang menyebar ke ratusan Negara. Membuat ratusan ribu orang dari berbagai negara terinfeksi, dan mengakibatkan kematian yang tidak sedikit, termasuk ke Negara kita Indonesia. Menurut pendapat kalian, apakah dampak penyebaran virus tersebut terhadap Perekonomian Indonesia dan juga Perekonomian Global? (Uraikan pendapat kalian)

Jawaban:
Penyebaran Virus Corona (Covid-19) diberbagai negara memunculkan kekhawatiran terhadap dampak nya pada perekonomian Indonesia dan juga global. Pembangunan ekonomi saat ini menunjukkan tantangan bagi kondisi global yang akan berlanjut pada tahun 2020 walaupun tensi perdagangan lebih baik. Selain itu, perekonomian Indonesia dan global akan menurun karena banyak orang akan melakukan social distancing yaitu kegiatan untuk tetap dirumah dan hal itu dapat melibatkan tidak adanya pembeli. (Fani Silvi Amelia XII IPS 1)
Penyebaran Virus Corona berdampak terhadap perekonomian Indonesia dan juga perekonomian global, mengapa demikian? Itu dikarenakan beberapa negara melakukan lock down sehingga turis yang biasanya berkunjung ke negara tersebut tidak bisa masuk mengakibatkan devisa negara menurun. Pendapatan dalam negeri pun menurun akibat penduduk nya dipaksa untuk tidak keluar rumah untuk menghindari wabah tersebut sehingga tidak bisa melakukan pekerjaan dan tidak bisa menghasilkan uang. Perusahaan perusahaan pun tidak bisa berjalan seperti biasanya dikarenakan virus ini akibatnya produksi perusahaan bisa saja berkurang dan berimbas kerugian kepada negara. Penyebaran virus Corona juga berdampak pada nilai tukar uang dimana nilai tukar mata uang kian hari makin menurun akibat virus ini yang bisa saja menyebabkan inflasi. (Nila Faridatul Jannah XII MIPA 1)
Dampaknya sangat besar , diantaranya : 1. Hasil usaha pedagang pedagang kecil menurun 2. Biro Haji dan Umroh karena penundaan keberangkatan 3. Kebutuhan pangan yang lebih meningkat 4. Pendapatan dari sektor pariwisata yang turun drastis 5. Meningkatnya belanja negara 6. Hasil usaha produsen masker, hand sanitizer, dan lainnya meningkat karena adanya permintaan konsumen, dan lain lain. (Tiara Salsabila XII MIPA 1)
Adanya virus corona yang terjadi di China, menyebabkan perdagangan China memburuk. Hal tersebut berpengaruh pada perdagangan dunia termasuk di negara kita ini yakni Indonesia. Dampaknya yaitu antara lain: - Penurunan permintaan bahan mentah dari China seperti batu bara dan kelapa sawit akan mengganggu sektor ekspor di Indonesia yang dapat menyebabkan penurunan harga komoditas dan barang tambang. - Penerimaan pajak sektor perdagangan juga mengalami penurunan. - Berdampak pada investasi yakni masyarakat akan lebih berhati hati saat membeli barang maupun berinvestasi. - Pada sektor pariwisata menunjukkan bahwa warga negara China yang mengunjungi tempat wisata di Indonesia mencapai 2,07 juta orang pada tahun 2019. Namun karena adanya virus corona itu, para wisatawan baik dari warga China maupun lainnya semakin berkurang. (Mafajatul Alawiyah XII MIPA 3)
Share:
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer

Label

akuntansi (19) APBN/APBD (2) download (3) ekonomi (21) ekonomika (9) gallery (2) inflasi (1) kelas X (9) kelas XI (16) kelas XII (18) kisah (2) konvensional (2) kurikulum (2) me (1) misc (1) pendidikan (2) perundangan (3) sejarah (2) silabus (1) soal (1) SPE (3) syariah (2) tugas (6)

Recent Posts

Waktu Sholat